Menurunkan Stir

Posted under DIY on : 30/12/2015 08:49:04

Posisi mengemudi sangat mempengaruhi kenyamanan dan konsentrasi mengemudi kita, terutama saat menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Oleh karena itu mobil mobil papan atas alias yang berharga cukup mahal (mahal murah relatif lho ya), dibekali dengan berbagai fitur untuk menunjang kenyamanan pengemudi.

Mulai dari penyetelan sandaran kursi, penyetelan ketinggian kursi, penyetelan lumbar support, hingga penyetelan ketinggian setir ( tilt steering ) dan terakhir yang saya cermati mulai ada penyetelan maju mundur nya setir ( telescopic steering ).

Nah karena neng Ayla termasuk kasta LCGC yang memang tujuan utama nya adalah Low Cost alias berbiaya rendah, maka beberapa fitur non-esensial terpaksa ditiadakan, termasuk fitur tilt steering. Padahal di saudara sepupunya si bang All New Xenia sudah ada fitur tilt steering.

Tilt steering mengatur ketinggian setir relatif terhadap pengemudi. Sehingga pengemudi bisa mengatur ketinggian setir sampai pada level yang dirasakan paling nyaman untuk dirinya.
Ketinggian setir neng Ayla secara default bawaan pabrik adalah pada posisi tertinggi yang memungkinkan, karena mempertimbangkan postur tubuh orang Indonesia secara rata-rata.
Nah bagi yang bertubuh mungil mungkin posisi setir nya agak "ketinggian" jadi saat mengemudi lengan terlalu mengangkat  tinggi sehingga lama kelamaan menjadi fatique.

Cukup deh cerpen panjang lebar diatas, disini saya mau share mengenai cara menyetel / menurunkan ketinggian setir neng Ayla supaya bisa terasa lebih nyaman saat mengemudi.
Trik ini sudah saya terapkan pada si Endeavour ( nama kesayangan neng Ayla saya hehehehe ) selama 13 bulan dan sudah menempuh 25.000KM tanpa ada kendala.

Silahkan bagi yang berminat untuk menurunkan setirnya bisa diikuti tutorial foto berikut ini,
Semoga berkenan.
Salam 114.