Pelindung Radiator

Posted under DIY on : 19/05/2014 03:53:06

Radiator adalah fungsi vital dalam kendaraan karena dengan alat ini yang membantu suhu mesin stabil atau tidak overheat. sistem kerja menggunakan fluida yang mengalir ke mesin, sistem perpindahan panas yaitu dari pindahnya suhu dari tempat tinggi ke tempat rendah. Karena mesin mengalami gesekan sehingga mesin mendapatkan panas lalu pindah ke fluida (air radiator) yang mengalir, lalu bagaimana air radiator ini di dinginkan?

salah satu cara mendinginkan fluida yaitu memperluas permukaan fluida, kisi radiator yang membuat luas permukaan untuk melepas panas fluida menjadi banyak dengan cara zig zag sehingga bila dihitung luas permukaan akan lebih panjang dari pada panjang radiator itu sendiri. posisi radiator berada di posisi paling depan karena disana mendapatkan udara bersih, sedangkan dijalan kita tidak tau benda asing apa saja yang dapat merusak kisi - kisi radiator, 

Kita akan bahas cara mudah tetapi efisien untuk merawat kisi radiator, beli kasa nyamuk di toko material.
1. Sebelumnya buka bemper depan, buka klip dan baut di posisi-posisi sesuai gambar, jalan lupa membuka soket lampu fog lamp.



2. Potong dan bentuk kasa nyamuk sesuai gambar. cara mudah dan murah tanpa harus baut dan tidak mengurangi fungsi dari kisi radiator.



3. Secara sekilat tidak terlihat tapi jika melihat secara dekat dan detail akan terlihat kasa tersebut. Mudah dan murah kan?



Masih bingung? gampang dengan harga Rp. 50.000 sudah beres tinggal duduk manis dan sambil ngopi atau merokok :D

Salam Sahabat
CAI 064 - Hadi Subroto