Coaching Clinic NGK Spark Plugs

Posted under Eksternal on : 18/06/2015 08:33:27

Luar biasa penuh aula yang berada di PT. NGK Indonesia pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 lalu. Pasalnya tidak hanya dipenuhi oleh para anggota Club Ayla Indonesia (CAI) tapi juga oleh dua komunitas lain seperti, komunitas MAXXIO, MGC (Mitsubishi Grandis Club) dan Dzebrakuser. Dengan total empat komunitas ini, mereka antusias sekali mengikuti pembelajaran dari awal hingga selesai mengenai pengenalan perusahaan NGK sendiri dan pelbagai jenis busi yang ada dan dijual di Indonesia.



Sebelum pembicara memulai coaching clinicini, Master of Ceremony (MC) mengundang perwakilan dari keempat komunitas ini untuk maju ke depan, guna memperkenalkan komunitasnya dan memberikan sambutan mereka. Dan mereka ini adalah, Husman Kalogo dari MAXXIO, Gatot Rufiyanto dari CAI, Bram dari MGC dan Bam dari Dzebrakuser. Masing-masing perwakilan ini memberikan ciri khas tersendiri dari penyampaian mereka dalam sebuah kata sambutan, dan tidak sedikit yang membuat gelak tawa di ruangan aula NGK tersebut. Selain itu Club Ayla sendiri memberikan sebuah kenangan berupa plakat yang diberikan oleh Robbert Englehart selaku Person In Charge PIC Jakarta kepada perwakilan PT.NGK Indonesia, Bp. Asep. Tak pelak foto bersama pun dilakukan oleh seluruh anggota CAI setelah prosesi pemberian plakat berlangsung.



Terasa santai, hangat namun tetap berbobot akan product knowledge yang dibawakan oleh Bp. Asep. Beliau memberikan informasi luar biasa mengenai jenis busi yang cocok untuk setiap kendaraan LCGC di Indonesia yang bertujuan agar konsumen pandai dalam memilih busi dan tidak tertipu oleh penjual (seller)seperti terlihat pada tabel dibawah ini :

JENIS KENDARAAN

JENIS BUSI NGK

Agya/Ayla

LKR6C

Karimun

KR6A-10

Brio

BKRGE-11

Datsun

LZKAR

 





Bp. Asep juga menyatakan bahwa dengan menggunakan busi dari NGK, kekhawatiran masyrakat terminimalisir, pasalnya PT.NGK Indonesia memproduksi busi yang ramah lingkungan. Hal ini bisa terlihat dari pabrik yang kami kunjungi, dimana terdapat penghijauan disekitar pabrik yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. Sehingga buyer sendiri merasa nyaman untuk memilih busi dengan merk NGK tersebut, hal ini bisa dilihat dari jumlah produksi busi NGK yang mencapai 32.000.000/tahun, selain itu busi NGK Indonesia sendiri mampu meningkatkan efisiensi yang dikarenakan ramah lingkungan itu.

PT. NGK Indonesia sendiri tidak hanya memproduksi satu jenis busi, namun beragam, seperti :

JENIS BUSI NGK

KETERANGAN

G-Power Platinum

Busi dengan ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum. diameter center electrode 0.6 – 0.8 mm mm. umur busi umur busi berkisar 30,000 km

Iridium IX

Busi dengan ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari iridium alloy. diameter center electrode 0.6 – 0.8 mm mm. umur busi umur busi berkisar 50,000 – 70,000 km. Keuntungan busi Iridium adalah umur pakai yang lama sehingga cocok untuk kendaraan dengan mesin yang tidak boleh sering dibongkar. Disamping itu dengan api busi yang lebih besar diklaim akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dengan air-fuel ratio yang sama

Plug Cap

Semacam fungsi atau fitur tambahan yang digabungkan ke sebuah sistem untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem busi.

Knalpot NGK

-

 

Banyak sekali tentunya yang didapat pada coaching clinic tersebut yang tidak bisa dijabarkan satu persatu disini. Namun kebersamaan diantara CAI bahkan sesama komunitas yang hadir terasa sekali. Yang mana terlihat jelas saat makan siang berlangsung, hidangan sederhana yang disajikan oleh PT.NGK mempererat hubungan antar komunitas mobil. Selain itu, setiap anggota komunitas dapat sedikit merasakan menjadi seorang buruh pabrik melalui hidangan makan siang yang tersaji di piring besi dan menyantapnya di kantin PT. NGK.


Foto foto : Adjie Sambogo n Dendy Ibrahim