Matic di Kala Macet

Posted under Share Of The Day on : 30/04/2014 06:38:38

Mobil Matic merupakan jenis kendaraan yang memiliki kenyamanan tersendiri bagi para pengendara. Namun saat mengendarai mobil cukup sulit terutama bagi pemula. Dilengkapi dengan tipe transmisi otomatis, dapat memudahkan para pengendara mobil. 


Berikut merupakan Tanya Jawab untuk sebagian mobil bertransmisi matic di kala macet

T (Tanya), J (Jawab)

 

T : Saat kita ketemu jalanan sangat padat merayap disertai turunan, dibenarkan ga mobil bergerak dg gigi netral, kira2 dampak negatifnya apa. Soalnya klo gigi masuk, harus injek kopling terus, karna engine brake ga memungkinkan, mohon pencerahannya    

 

J : AT di haramkan mobil ngeloyor dalam jarak cukup jauh, apalagi kec lebih dari 10kpj,,,kl MT ngeloyorin gpp...tp jgn lebih dari 20kpj...tar terjun bebas dan beban di Rem tok,,,pake gigi rendah bila memungkinkan, Klo injek kopling terus boros dikampas, sedangkan engine brake ga memungkinkan

 

T :Berarti msh aman yah ?  

 

J : Aman kl dibawah 5kpj...maen Rem aja... 

 

T : Ayla matic ane kalo sdh mendekati lampu merah atau macet didepan ane netralin atau turun ke 3 om ? Biasanya ane netralin. Keliru gak ya ?

 

J : kalo diatas 10detik ke N, biasakan N bila jalanan macet lama..

 

J : Matic jgn turun Netral, oli gearbox nya bisa balik...jebol lama2, Roda muter tapi gear netral...oli nya neken sarang tawon nya, Sebaliknya, gear di D tp mobil gak jalan...oli nya neken tapi gak disalurkan...sm ky yg "itu" ud gak nahan tp gak di salurkan...puyeng=)), Sy maenin gear 2 3 atau D4 kl di tol aja mau akselerasi kl ada yg manasin ajak sembalap...Selebihnya mau najak 45derajat bejek aja D4....Kl turunan curam diatas 30kpj baru turun 2 atau 3 biar engine brake, Pokoknya haram buat AT posisi gear N saat ban masih glinding...

 

Cara PARKIR matic juga unik, apalagi posisi parkir miring, nanjak atau turunan, biasakan ketika parkir miring...begitu sampe tuas ke N dl, lalu REM TANGAN kuat, lepas rem kaki sd KR diem, baru tuas dgn cepat masukan ke P.

 

Kl ritual diatas gak dijalankan, kerasa pas mau masuk gigi R atau D4, dari P pasti susah geser atau bunyi JEGLEK kenceng...gpp sih cuman pengunci Gear nya dipaksa release dr tmpatnya, dibiasakan lama bikin oblak rumah locker gear...sayang

 

T : Jadi ritual parkir yang bener itu dari n pasang rem tangan yang kuat terus geser n-r-p Tanpa injak rem kali lagi. Begitu kah om ?  


J : Masuk N dulu, rem kaki injak...lalu REM TANGAN tarik kuat...REM KAKI lepas...biarkan KR menyesuaikan posisi,,,kl turunan biasanya buritan akan turun...kl tanjakan buritan naek...setelah itu baru N R P agak cepet  

 

#semogabermanfaat