Tips agar klakson mobil lebih awet

Posted under Share Of The Day on : 28/12/2015 10:51:23

Lakukan beberapa tips ini, agar klakson mobil lebih awet - Ketika mengemudikan kendaraan di jalan yang macet, dan kesabaran sudah mencapai batas seringkali meluapkan emosi dengan membunyikan klakson sesering mungkin. Sehingga membuat pengendara didepannya juga kesal, dan membalasnya dengan membunyikan klakson juga. Klakson memang dibuat untuk difungsikan sebagai sinyal/peringatan kepada pengemudi lain, baik memperingati kalau ingin lewat atau karena alasan-alasan yang lainnya. Klakson juga bisa dijadikan sebagai salah satu tanda bahwa mobil tersebut akan mendahului atau sekadar untuk menyapa sesama pengendara.

Tetapi tahukan anda berapakah usia pakai dari klakson mobil ini, dan kira-kira bagaimanakah cara menentukan apakah klakson ini perlu diganti atau belum? apakah dari usia pakai tahunan, garansi pabrik ataupun menunggu sampai klakson tidak berbunyi atau rusak.


Menurut standar bahwa klakson yang baik adalah mampu bertahan sampai 10.000 kali bunyi, itu artinya apabila satu hari kita pencet 5 kali saja, maka klakson klakson tersebut bisa bertahan sekitar 2000 hari atau sekitar 5 - 6 tahun. Akan teteapi pada kenyataannya usia pakai dari klakson ini hanya 1-4 tahun dan itu artinya tidak sesuai dengan usia pakai yang sesungguhnya. Dan berikut ini AC Mobil merangkumnya dalam Cara mudah membuat klakson mobil awet.

1. Cara menekan saklar klakson - tips klakson awet
Cara yang paling mudah adalah dengan menekan saklar klakson secara perlahan. Selain itu juga tidak perlu lama-lama dalam memencet dan juga jangan setengah-tengah, jangan juga memukulnya dengan sangat keras (dipukul). Bila klakson ditekan terlalu keras, bisa-bisa merusak saklarnya, dan bila dibunyikan dalam waktu yang lama akan membuat klakson cepat panas yang bisa membuatnya cepat rusak. Sedangkan tidak dianjurkan untuk menekan setengah-setengah karena, akan membuat terjadi percikan (loncatan) api, prinsipnya hampir sama dengan busi. Dengan adanya api ini akan membuat umur klakson semakin pendek, dan suara yang dihasilkan juga semakin tidak nyaring bisa cempreng atau pecah.

2. Bunyikan klakson hanya pada saat perlu saja - tips klakson awet
Klakson itu akan semakin awet bila kita menggunakannya dengan seperlunya dan bijak, jangan gunakan klakson bila tidak bermanfaat, seperti untuk mainan, atau untuk gaya-gayaan. Yang sering kita temui adalah pada saat konvoi, touring atau kampanya. Banyak pengendara yang membunyikan klakson, padahal tidak ada manfaatnya. Jadi gunakan klakson bila perlu saja, pasti klakson akan lebih awet.

3. Penempatan klakson - tips klakson awet
Kemudian cara untuk membuat klakson lebih awet adalah terkait dengan proses peletakan klakson. Seperti komponen kelistrikan lainnya, klakson juga sering rusak bila terkena air. Biasanya air ini akan menyebabkan karat pada sisi dalamnya, dan merusak membrannya. Sehingga agar klakson ini terhindar dari air, maka usahakan mulut dari rumah keongnya tidak menghadap ke atas. Atur sedemikian rupa agar air tidak dapat masuk ke rumah keong pada klakson. Atau bila tidak ingin repot, pilih klakson yang memiliki desain yang mampu menahan air.

4. Kualitas klakson - tips klakson awet
Sebelum membeli pastikan klakson yang dibeli merupakan klakson dengan kualitas terbaik, jangan yang abal-abal atau imitasi. Karena klakson yang imitasi/abal-abal pasti akan lebih cepat rusak. Jadi lebih baik beli klakson dengan kualitas yang baik.

http://goo.gl/B9U4Dn
Foto : Album Foto FB Grup CAI