Tips Berkendara di Kala Musim Hujan

Posted under Share Of The Day on : 08/01/2016 09:04:54

Musim hujan sudah tiba, tentunya harus lebih hati-hati saat mengendarai mobil dan motor selama melakukan perjalana! Banyak rintangan yang akan dilewati saat hujan, seperti banjir, macet, dan lainnya. Kendala yang biasanya dihadapi oleh pengguna motor atau mobil saat hujan adalah mogok dan kendaraan tetiba mati, bakal repot banget ini!

Untuk menghindari kendala-kendala yang ditakuti saat musim hujan yuk ikuti beberapa tips aman berkendara di musim hujan berikut ini : 

  • Lakukan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan alas kaki yang harus dalam keadaan kering, jika dalam keadaan basah akan menyebabkan pedal seperti gas, rem, dan kopling menjadi licin. Kemudian, periksa seluruh lampu mobil kesayangan dan indikator lainnya berfungsi dengan baik apa tidak.

  • Periksa kondisi tekanan udara pada ban secara rutin dan pastikan ketebalan ban masih dalam keadaan baik. Hal ini sangat berguna agar kamu terhindar dari slip atau tergelincir dan melayang saat melewati banjir dan jalan yang basah.

  • Hal yang paling utama yang harus kamu perhatikan adalah memeriksa kondisi rem yang berfungsi dengan baik. Jika kondisi rem dalam keadaan yang tidak baik, tentunya keadaan akan sangat fatal terlebih saat hujan deras.

  • Periksa kondisi wiper karena ini berguna untuk membasmi air dan menjaga penglihatan kamu saat melakukan perjalanan. Jangan sampai kondisi wiper rusak dan kemampuan membasmi air yang turun berkurang, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

  • Nyalakan lampu utama saat terjadi hujan yang cukup deras, biasanya saat hujan banyak kendaraan yang tidak tampak. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya untuk menggunakan lampu utama.

  • Jaga kecepatan berkendara saat musim hujan, jangan mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi karena kondisi jalanan yang licin. Pastikan juga untuk selalu menjaga jarak dengan mobil yang di depan dan di belakang agar tidak terjadi pengereman mendadak.

Yuk, lebih berhati-hati saat berkendara! Semoga tips diatas bermanfaat dan bisa di praktekan

source : http://goo.gl/CRlGkt
foto : http://goo.gl/2zXXda