Menyetir Mobil Matic di tanjakan

Posted under Share Of The Day on : 09/02/2018 08:26:21

Pelajari cara memperoleh tenaga dari mobil Anda.
Saat menyetir di tanjakan, Anda membutuhkan tenaga lebih besar dari jalan yang datar. Transmisi otomatis akan menurunkan gigi saat menyetir tanjakan, namun Anda masih bisa membuat penyesuaian manual untuk mencegah pergantian gigi yang berlebih. Gunakan setelan D1, D2, atau D3 untuk mencegah mobil berganti ke gigi yang tinggi sehingga tenaga putar (torque) mobil bisa digunakan secara efektif di tanjakan.


  • D1 (hanya gigi 1): setelan ini ditandai dengan "1" atau "D1". Anda dapat berganti ke gigi 1 menggunakan tuas yang sama untuk dengan tuas untuk berganti ke Drive (D), Park (P), dan Neutral (N). Gunakan gigi 1 untuk tanjakan yang curam dan kecepatan rendah. Gigi 1 juga berguna untuk menyetir turunan yang sangat curam. Gigi ini membantu mesin memelankan mobil Anda.
  • D2 (hanya gigi 1 dan 2): Setelan ini ditandai dengan "2" atau "D2". Gunakan modus D2 untuk tanjakan dengan kecuraman sedang, saat mesin mobil menggunakan gigi 2 untuk menambah kecepatan dari gigi 1. Gigi 2 menjalankan mobil lebih kencang dari gigi 1.
  • D3 (hanya gigi 1, 2, dan 3): Modus ini ditandai dengan "3" atau "D3". Ketika mobil berada dalam modus D3, hanya 3 gigi pertama yang digunakan sehingga berguna ketika Anda perlu menyetir dengan kecepatan yang baik, tetapi mesin kekurangan tenaga putar untuk mempertahankan kecepatan ke gigi yang lebih tinggi.

 Gunakan gigi rendah untuk mendaki tanjakan yang panjang dan curam.
Jangan berganti ke gigi 1 jika kecepatan mobil sekitar 10-15 mph. RPM mesin akan berputar lebih tinggi dari biasanya sehingga pastikan gas tidak diinjak terlalu keras. Gigi rendah tidak akan terlalu membebani transmisi mobil sehingga Anda bisa berkendara dengan halus dan aman di tanjakan.


  • Ketika mendaki tanjakan curam, gravitasi akan menarik mobil dan beban mesin akan semakin besar. Tarikan ini memengaruhi mobil layaknya mengangkut barang berat. Level dasar tenaga mesin yang dibutuhkan untuk menjaga roda mobil tetap berputar ke depan menjadi semakin besar.[5]
  •  Gunakan gigi rendah di tanjakan untuk menjaga mesin tetap berjalan pada RPM yang tinggi sehingga diperoleh cukup tenaga untuk mencapai puncak tanpa mandek.

Sumber : https://id.wikihow.com/Menyetir-di-Tanjakan