Memarkirkan dan Memulai Mobil di Tanjakan

Posted under Share Of The Day on : 09/02/2018 08:33:52

Pasang rem parkir (rem tangan) saat memarkirkan mobil di tanjakan, walaupun tidak terlalu curam.
Rem parkir biasanya ada di konsol tengah mobil (di antara dua jok mobil depan) atau di antara pedal gas dan rem (terutama pada mobil truk). Biarkan rem parkir terpasang sampai menjalankan mobil kembali.

Atur roda mobil menjauhi trotoarketika Anda parkir di tanjakan.
Biarkan mobil mundur perlahan sampai bagian belakang sisi roda depan menyentuh trotoar. Dengan demikian, jika rem Anda blong, mobil tidak akan mundur karena ditahan oleh trotoar.

Jika mobil Anda menghadap ke bawah, putar roda depan mengarah ke trotoar. Dengan demikian, jika mobil meluncur turun, roda depan akan menabrak trotoar dan menghentikan mobil sebelum turun lebih jauh.


Jika mobil yang parkir di tanjakan bertransimisi manual, biarkan kopling masuk ke salah satu gigi
. Jika rem parkir tidak bekerja, mesin akan mencegah roda berputar. Artinya, jika mobil diparkirkan gigi 1, jangan pindahkan ke gigi netral dan biarkan di gigi 1.

Mulai dari setop di tanjakan dengan transmisi manual.
Pastikan rem tangan sudah terpasang, injak kopling dan masuk ke gigi 1. Atur gas di sekitar 1500 RPM, dan bawa kopling ke “biting point”: pedal kopling harus agak terangkat, dan RPM akan sedikit turun. Begitu Anda mengatur gas dan biting point, mantapkan kaki Anda. Periksa jalan untuk memastikan tidak ada mobil lain, dan gunakan lampu sein jika jalanan sibuk. Tarik rem tangan, lepas tombolnya dan lepaskan rem tangan dengan sangat perlahan.[7]

  • Jika mobil Anda menggeram, lepas injakan kopling sekitar 1 cm. Melepaskan kopling sepenuhnya akan melewatkan biting point.
  • Jika mobil mulai mundur: pasang kembali rem tangan dan rem kaki, lalu injak kopling. Latihlah gerakan ini sampai mampu mengontrol mobil sepenuhnya dan mencegah mobil berjalan mundur.
  • Ketika rem tangan dilepaskan perlahan-lahan, mobil harus tetap diam atau maju perlahan. Setelah itu, terus lepaskan rem tangan. Injak gas dengan lembut saat kopling dilepaskan pelan-pelan.

Tambahkan gas saat memulai di tanjakan.
Semakin curam tanjakan, tenaga yang dibutuhkan untuk menjalankan mobil semakin besar. Jika Anda mengendarai mobil manual, lepaskan kopling lebih pelan di tanjakan curam

Mulai dari setop di tanjakan dengan transmisi otomatis.
Mulailah mobil dengan rem tangan terpasang sehingga Anda tidak berjalan mundur. Hal ini penting terutama jika ada mobil lain yang parkir di belakang Anda. Pastikan roda mobil lurus ke jalan. Nyalakan mobil, masuk ke gigi 1 (gigi 2 atau Drive juga bisa), dan lepaskan pedal gas perlahan untuk masuk ke jalan. Luruskan setir, ikuti jalur jalan, dan biarkan persneling tetap di gigi rendah selama di tanjakan.

  • Jika Anda berada di jalanan sibuk, pastikan tidak ada mobil yang datang dari tanjakan. Jika demikian, pastikan Anda menyalakan sinyal untuk menandakan Anda akan masuk ke jalan. Tunggu sampai semua mobil lewat, periksa spion, dan mundur perlahan-lahan.
  • Biarkan rem kaki tidak ditekan sampai Anda keluar dari tempat parkir. Jaga pegangan setir, lalu injak gas dengan cepat sehingga tidak berjalan mundur ke mobil di belakang Anda.

Berlatih memakirkan dan memulai mobil di tanjakan.
Asah kemahiran Anda di berbagai kecuraman tanjakan sehingga Anda sudah terbiasa ketika harus parkir di tanjakan yang tidak dikenal. Coba berlatih di tanjakan yang bebas mobil dan lalu lintas. Latihan akan lebih mudah dilakukan jika Anda tidak khawatir menabrak mobil lain.

Sumber : https://id.wikihow.com/Menyetir-di-Tanjakan