Cara Berkendara Saat Malam Bagian 2/3

Posted under Share Of The Day on : 13/02/2018 11:08:33

2. Tingkatkan Visibilitas

Jaga agar lampu depan, semua cermin, dan kaca depan mobil selalu dalam kondisi puncak. 
Lampu depan adalah penyelamat utama yang terpenting saat berkendara malam hari. Jika tidak bekerja dalam kondisi baik, sama saja meningkatkan resiko kecelakaan. Padahal mestinya tidak harus begitu. Jaga kebersihan lampu depan dengan mencucinya setiap minggu — agar tingkat terang dan kejelasan cahayanya tetap tinggi. Jika bohlamnya rusak atau habis, segera diganti saat hari terang dan jangan mengemudi malam hari dulu sebelum diganti. Ingat bahwa berkendara tanpa kondisi lampu yang benar adalah tindakan melawan hukum.

Sebagai tambahan, untuk menjaga visibilitas, jaga kebersihan kaca depan, semua jendela dan cermin semaksimal mungkin. Jangan menggunakan tangan untuk membersihkan perangkat mobil yang penting ini — minyak alami di kulit Anda akan meninggalkan bekas dan malah mengaburkan permukaan kaca. Gunakan koran bekas atau handuk berserat mikro.


Gunakan lampu jauh untuk kondisi jalan berpenerangan buruk
Pancaran cahaya lampu jauh dari mobil Anda dapat sangat meningkatkan keamanan berkendara saat malam, tetapi hanya kalau digunakan dengan tepat. Lampu jauh hanya boleh digunakan saat kondisi penerangan jalan buruk dan sangat gelap, dan di wilayah yang lalu lintasnya tidak terlalu padat. Lampu jauh dapat membuat cakupan pandang Anda jadi makin lebar dan dalam, jadi gunakanlah seperlunya.

Pastikan untuk selalu mematikan lampu jauh saat mengikuti mobil lain atau saat banyak kendaraan melintas dari arah depan. Pancaran cahaya yang kelewat terang dari lampu jauh Anda dapat membutakan pengendara lain, membuat mereka rawan kecelakaan.

Jika Anda berputar di kelokan atau menanjak dan melihat kilasan lampu mobil di kelokan di depan, segera matikan lampu jauh agar pengemudi lain itu tidak mendadak silau.


Sesuaikan letak lampu depan. Kadang, lampu depan diposisikan terlalu rendah mengarah ke tanah atau tidak terjajar simetris dengan benar. 
Lampu jauh paling terang di dunia sekali pun tidak akan berguna jika tidak tepat diposisikan untuk menerangi sebanyak mungkin ruang jalan di depan Anda. Jadi jika Anda kesulitan melihat ke depan saat berkendara malam hari, pertimbangkan menyetel ulang posisi lampu depan. Di bengkel mobil yang profesional, prosedurnya berlangsung cepat dan murah.

Dapat juga Anda menyetel sendiri posisi lampu depan. Karena setiap mobil berbeda, jika Anda ingin melakukan sendiri, pastikan mengikuti dengan benar instruksi dari petunjuk kepemilikan mobil. Bersabarlah — butuh waktu menyetel lampu agar terjajar sempurna.

Lirikkan mata ke sisi jalan bila melihat lampu jauh pengemudi lain. 
Idealnya, pengemudi lain cukup punya tenggang rasa meredupkan lampu jauh mereka saat melihat Anda, sebagaimana Anda kepada mereka. Sayangnya, tidak semua pengemudi begitu. Jika ada mobil dari arah depan melaju dengan lampu jauh dinyalakan, jangan dilihat, karena dapat membutakan mata Anda, walau sesaat. Palingkan mata ke sisi kanan jalan (atau ke kiri buat Anda yang tinggal di negara dengan kemudi di sebelah kiri) sambil tetap menjaga kewaspadaan terhadap ancaman lain di jalan raya. Ini menjaga Anda tetap siaga sambil tetap mempertahankan vibilitas pandangan.

Jika mobil di belakang Anda menggunakan lampu jauh, atur kaca mobil agar pantulan cahayanya tidak menyilaukan mata Anda. Anda bahkan bisa membalikkan pantulan ke pengemudi tersebut agar dia tahu dan meredupkan lampu.

Pertimbangkan menambahkan lampu kabut berposisi rendah. 
Jika Anda memang sering berkendara malam hari dalam cuaca berkabut, pertimbangkan membeli seperangkat lampu kabut. Biasanya lampu jenis ini dipasang rendah di bemper depan untuk menerangi sebanyak mungkin jalanan di depan Anda (ketebalan kabut biasanya paling tipis pada jarak 30 senti dari tanah atau sedikit di atas jalan raya).Namun, tidak semua lampu kabut yang dijual di pasaran berstandar sama, jadi diskusikan dengan pakar otomotif sebelum membeli.

Jangan pernah menggunakan setelan bawaan untuk lampu jauh di kondisi berkabut. Partikel air yang bersifat reflektif di dalam kabut akan membalikkan cahaya lampu ke mata Anda, membutakan pandangan ke depan. Lebih buruk dibanding tidak menyalakan lampu sama sekali.


Jika Anda mengenakan kaca mata, gunakan yang berlapis antipantulan. 
Pancaran lampu depan dari mobil lain (dan terutama lampu jauh) dapat menyulitkan jika Anda berkaca mata, karena kaca mata terkadang memantulkan cahaya yang datang sedemikian rupa sampai menciptakan lapisan buram dan menghalangi pandangan. Untuk menghindari hal ini, gunakan lensa kontak atau kaca mata berlapis antipantul di kacanya, agar efek pantul berkurang.

Jika Anda membeli kaca mata khusus macam ini, simpan di dalam mobil agar mudah dicari dan digunakan kemana pun Anda pergi.


Sumber : https://id.wikihow.com/Berkendara-Saat-Malam
Sumber Gambar : https://goo.gl/CQo22b