Cara Berkendara Saat Malam Bagian 3/3

Posted under Share Of The Day on : 13/02/2018 11:14:51

3, Menikmati Berkendara Saat Malam

Tetap siaga dengan mengajak mengobrol penumpang
Setelah Anda menguasai dasar-dasar cara berkendara yang aman saat malam, pengalaman tersebut sebenarnya dapat dibuat menyenangkan dan menenangkan, terutama jika Anda memaksimalkan faktor hiburannya, yang juga membantu untuk berkendara dengan Aman. 

Sebagai contoh, jika kebetulan ada penumpang bersama Anda saat berkendara malam hari, sebaiknya ajak dia mengobrol ringan. Mengobrol dengan orang lain adalah cara yang hebat mengatasi kelelahan mengemudi. Lagipula, suasana yang tenang dan gelap di sekitar kerap kali menunjang percakapan jadi lebih intim.

Namun pastikan untuk tidak membuat obrolan jadi kelewat panas. Perdebatan sengit saat mengobrol dapat mengganggu konsentrasi Anda melakukan tugas terpenting yang sedang dilakukan — berkendara dengan aman.


Mendengarkan lagu saat berkendara malam hari. 
Berkendara saat malam dapat menjadi momen yang hebat untuk mendengarkan musik di perangkat stereo mobil Anda. Suasana yang relatif tenang dan sepi mempermudah Anda menyimak detil-detil kecil sebuah lagu, membuat lagu bagus jadi semakin enak didengar. Beberapa orang lebih suka mendengar disko atau alunan elektronika saat malam, sementara lainnya lebih memilih dentuman musik cadas. Tidak ada “jenis” musik yang benar untuk disimak saat malam — semua terserah Anda! Di bawah ini ada beberapa lagu yang enak disimak saat berkendara malam hari, dari beberapa genre berbeda 

Kunjungi pertunjukan-pertunjukan tengah malam. 
Berkendara saat malam kadang dapat menjadu cara unik untuk bersentuhan dengan orang-orang dan hal-hal yang normalnya tidak Anda gubris! Sebagai contoh, umumnya pusat kota besar baru tampak "hidup" saat malam dan sarat oleh berbagai karakter unik menikmati kehidupan malam. Bahkan wilayah pedesaan juga memiliki “rasa” kehidupan malamnya sendiri. Setiap cerukan jalan menyimpan kejutan yang berbeda-beda, jadi bukalah mata Anda selama berkendara — Jika Anda sering berhenti sebentar untuk melawan kantuk dan lelah saat berkendara, banyak peluang untuk mampir. 

Di bawah ini adalah daftar beberapa hal yang mungkin menarik dikunjungi:
Tempat makan malam/tempat nongkrong
Bar dan klub malam (catatan: hindari mengemudi sambil minum alkohol, terutama malam hari)
Tempat mangkal truk/tempat rehat makan
Jalur pemandangan
Kompleks perkemahan
Pertunjukan drive-in (bioskop, restoran, dsb.)


Nikmati ketenangan suasana (dengan bertanggung jawab). 
Berkendara saat malam dapat menajdi pengalaman yang unik. Dengan ketenangan suasana, dengung mesin yang tenang dan kegelapan sekeliling, mengendarai mobil rasanya jadi nyaris seperti terbang di angkasa. Berkendara saat malam terasa misterius, menyenangkan, bahkan “menggairahkan” — bagi beberapa orang, kenikmatan seperti ini terasa sederhana, tetapi adiktif. 

Menikmati berkendara malam boleh-boleh saja, namun jangan lupa berfokus pada satu hal yang terpenting — keamanan Anda dan pengendara lain. Ingatlah selalu bahwa konsentrasi yang terganggu saat berkendara dapat berakibat maut (terutama saat malam), jadi jagalah perhatian Anda ke jalan raya. Jika Anda merasa percaya diri dengan kebiasaan berkendara Anda yang aman, Anda akan mampu rileks, menyesuaikan diri dan menikmati berkendara dengan tetap bertangung jawab!



Tips
  • Posisikan kaca mobil di kiri dan kanan ke posisi "merunduk" atau "mode malam" untuk mengurangi kilauan lampu jauh dari belakang.
  • Periksa kondisi semua lampu mobil secara teratur, terutama menjelang bulan-bulan musim dingin karena itu berarti Anda akan lebih sering berkendara saat malam. Untuk mempermudah prosesnya, lakukan bergantian dengan seorang kawan mengoperasikan lampu dan memastikan apakah semua bekerja dengan baik, atau cek pantulannya di jendela gedung berdinding kaca.
  • Buang jauh-jauh semua distraksi saat berkendara, namun jangan berfokus sepenuhnya ke jalan raya saja, karena malah akan membuat Anda terhipnotis dan secara mental "bengong" sesaat. Bawa mata bergerak terus melihat sekeliling mobil dan pemandangan di luar.

Peringatan

  • Gunakan selalu sabuk pengaman dan ingatkan penumpang untuk berbuat serupa.
  • JANGAN mengemudi dalam keadaan mabuk!
  • Jangan pernah membawa kendaraan bermotor tanpa SIM dan STNK yang terdaftar resmi dan sah atas nama Anda.
  • Jangan percaya pada omongan yang mengatakan bahwa kaca mata gelap bernuansa kuning atau oranye cerah akan membuat Anda melihat lebih jelas saat malam. Yang ada malah membuat obyek tampak lebih terang atau berpendar
  • Jangan pernah lupa membawa SIM agar polisi tidak curiga dan menyangka yang bukan-bukan pada Anda.
  • Jangan mengendarai mobil saat merasa lelah. Di beberapa negara, berkendara saat malam dihitung sebagai pelanggaran berkendara. Apa pun kata hukum, yang jelas hal ini berbahaya.
Sumber : https://id.wikihow.com/Berkendara-Saat-Malam
Sumber Gambar : https://goo.gl/CQo22b