Perangkat Stabilitas

Posted under Share Of The Day on : 22/09/2014 09:41:41

Share ilmu ttg perangkat stabilitas kr, gunakan sesuai kebutuhan, untuk ayla paling minimal adalah Sway Bar atau Rear Stabilizer,berikut kutipannya
Strutbar, Stabilizer, underbrace, anti roll bar

Tujuan utama dari perangkat di atas adalah meningkatkan handling mobil,memasang semua perangkat tersebut akan membuat mobil menjadi sangat rigid. Handling menjadi tajam, namun, kenyamanan penumpang menurun drastis penggunaan semua perangkat biasanya digunakan untuk keperluan drifting maupun rally. dimana dibutuhkan handling yg benar benar presisi, namun, untuk harian, tidak semua perangkat perlu dipasang.

Berikut penjelasannya. semoga berguna.

1. Strutbar
Strutbar adalah perangkat yg umum digunakan pada chasis monocoque dengan suspensi macpherson sturts untuk memberikan kekakuan extra antara kedua strut tower (suspensi depan). Strutbar di desain ntuk mereduksi kelenturan strut tower dengan menghubungkan kedua pangkal suspensi dengan satu kesatuan.

Kegunaan :
menghubungkan beban yg diterima satu suspensi ke suspensi yg lain, sehingga mengurangi kelenturan chasis.
hal ini sangat berguna untuk mengurangi gejala oversteer pada mobil penggerak belakang (RWD) pada saat berbelok maupun berpindah lajur.
strutbar sangat berasa pada mobil mobil berbodi ringan seperti xenia avanza, dimana sering dirasakan efek bodi melayang akibat chasis ringan dan lentur. hal ini lazim disebut body roll dan chasis flex.

Kekurangan :
Untuk mobil penggerak depan (FWD) sturtbar kurang dirasakan manfaatnya, karena mobil FWD jarang mengalami oversteer. terlebih kedua roda depan sudah terikat dalam satu kesatuan melalui gardan depan. untuk meningkatkan handling lebih baik memasang ​rear stabilizer / sway bar

2. rear stabilizer / rear sway bar

Rear Stabilizer / Sway bar adalah perangkat yg menghubungkan pangkal suspensi di kedua roda belakang.

Kegunaan : Kegunaan utama dari sway bar adalah untuk mengurangi gejala body roll saat belokan tajam. sangat berguna terutama untuk mobil penggerak depan FWD yg sering mengalami gejala body roll saat under steer akibat kedua roda belakang yg bergerak bebas.

Kekurangan : karena stabilizer mengingkat kedua roda, untuk mobil SUV atau penjelajah medan, malah kontraproduktif karena mengurangi fleksibiltas roda belakang. hal ini dapat mengakibatkan salah satu roda akan terangkat apabila menemui medan sulit / terjal. tentunya akan mengakibatkan mobil stuck dan roda belakang kehilangan traksi.

Kondisi nya bisa digambarkan seperti ini.
a. tanpa stabilizer, roda bisa bergerak ekstreem
b. dengan stabilizer, roda saling terikat dan mengakibatkan satu roda dapat terangkat

3. Under Brace
Underbrace adalah perangkat yg mengikat chasis bawah pada 4 titik atau 2 titik.

Kegunaan : mengurangi kelenturan chasis monocoque dan menambah rigiditas, tanpa menambah beban terlalu berlebih. handling akan terasa lebih mantab, terutama pada track bumpy, semi off road, off road.

Kekurangan : karena kelenturan chasis berkurang, maka beban kerja suspensi untuk meredam benturan jalan akan lebih tinggi. untuk itu, dianjurkan tidak menggunakan suspensi yg terlalu stiff (keras). karena dapat berpengaruh pada kenyamanan penumpang

4. Anti roll bar / roll cage

adalah perangkat yg menghubungkan 2 titik atau lebih di dalam kabin / chasis
biasanya digunakan oleh para profesional dalam event balap, drift maupun rally

Kegunaan :
Meningkatkan kekakuan chasis dan mengurangi chasis flex secara significant.
Meningkatkan keselamatan pengendara pada saat terjadi kecelakaan

Kekurangan :
Estetika.
ruang untuk penumpang dikorbankan
bodi sangat kaku, belum tentu cocok untuk harian.

Kesimpulan
Penggunaan dari 3 perangkat bar utama (sturtbar, stabilizer, underbrace) harus benar benar memperhatikan unsur fungsi dan tujuan.
kekakuan / berkurangnya kelenturan chasis harus dibayar dengan kenyaman bagi penumpang.
chasis yg kaku akan mengakibatkan jarring effect, atau efek gemetar apabila mobil melewati jalan kasar, bumpy, kerikil.
namun akan sangat meningkatkan handling pada track aspal mulus.

Untuk harian yg direkomendasikan untuk meningkatkan handling dengan mengurangi efek negatif understeer atau oversteer adalah :
1. strutbar + under brace untuk kendaraan mpv / suv dengan body monocoque dan penggerak belakang. dari pabrik biasanya sudah menyertakan stabilizer dinamic untuk mengurangi body roll.
2. stabilizer + underbrace untuk kendaraan mpv / suv body monocoque dan penggerak depan.
3. strutbar untuk hatchback / sedan penggerak belakang
4. stabilizer untuk hatchback / sedan penggerak depan

Namun untuk kepuasan selera, harus eksperimen dengan bongkar pasang chasis untuk mendapatkan handling yg pas dan kenyamanan yg sesuai
Penggunaan membabi buta tanpa mempertimbangkan fungsi harian dapat menyulap mobil menjadi gerobak dimana semua serba kaku dan nginjak kerikil akan berasa oleh penumpangnya.
padahal pabrikan sudah meriset mahal untuk meningkatkan faktor kenyamanan berkendara.

Untuk mencapai keseimbangan antara handling dan kenyamanan, silahkan bereksperimen sendiri.

Sumber: Solusisahabat.com