Warna Busi

Posted under Share Of The Day on : 24/09/2014 16:07:07

Busi (dari bahasa Belanda bougie) adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.

Mesin pembakaran internal dapat dibagi menjadi mesin dengan percikan, yang memerlukan busi untuk memercikkan campuran antara bensin dan udara, dan mesin kompresi (mesin Diesel), yang tanpa percikan, mengkompresi campuran bensin dan udara sampai terjadi percikan dengan sendirinya (jadi tidak memerlukan busi).



Busi putih mengalami kekeringan dan mesin cenderung panas dan ngelitik. Kondisi ini dapat menyebabkan rontoknya komponen seperti ring seher.



Busi abu-abu adalah busi normal dan memiliki performa irit, bertenaga dan terasa enteng. Pembakaran bersih dan mesin bekerja pada suhu paling ideal. Namun busi ini kurang ideal untuk perjalanan jauh.


 

Busi abuaabu bersemu merah adalah busi lebih rich sedikit dari nonnal dan memillki perfonna lril,berteĀ­ naga dan lerasa enleng. Pembakaran bersih dan mesin bekerja pada suhu paling ideal. Busl ini sudah ideal unluk dalam kola dan perjalanan ja uh.
 

 

Busi Merah bata adalah busi dimana kondisi mesin bekerja dengan FULL POWER darl rpm bawah sampal alas. Tingkat kebersihan ruang bakar kategori normal. lrit dan performa tinggi sangat balance. Namun sedikil kurang Ideal unluk perkolaan yang berjarak pendek dari lempal ke lempal karena kurang irildan lerlalu banyak bensin unluk jarak pendek.
 
 

Busi hilam tidak perlu dikalakan lagi. Sangal boros, performa boyo, kerak lebal,dan mesin dalam kondisi dingin tidak beroperasi makslmal.

sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10202805756207110&set=o.432676796854090&type=3&theater