Ayla kebanggaan Keluarga Indonesia

Posted under Share Of The Day on : 30/10/2014 08:45:56

Pasar menengah di Indonesia dinilai kian berkembang. Hal ini pun ditandai dengan GOP Indonesia yang sudah mencapai USD3.949 dan diperkirakan akan terus bertumbuh hingga USD5.500 pada tahun 2020.

Denganpertumbuhan ini menandai bahwa makin banyak orang yang bisa memiliki mobil pribadi. Kondisi tersebut pun memicu keyakinan bahwa memang ini adalah waktu yang tepat untuk memasarkan mo­ bil murah ramah  lingkungan (LCGC) dan akan menjadi pasar yang terus subur bagi mobil 7-penumpang.

Untuk mendukung industri otomotif nasional dalam me­ menuhi  permintaan  produk ramah lingkungan dan mampu bersaing di pasar dalam dan luar negeri, Pemerintah Indo­ nesia mengeluarkan kebijakan LCEP (Low Carbon Emission Program), yang di dalamnya ter­ masuk kebijakan tentang LCGC (Low Cost Green Car).

Dengan kebijakan ini diharapkan selu­ ruhindustrimanufaktur otomo­ tifindonesia bisa terpacu Wltuk meningkatkan daya saingnya. PTAstra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen  kendaraan kompak terbesar di Indonesia menyambut positif kebijakan pemerintah  untuk  mengem­ bangkankendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia   akan   kendaraan yangramahlingkungan  dengan harga terjangkau,dengan mem­ perkenalkan  Astra  Daihatsu Ayla. Kendaraaninimerupakan hasil karya anak bangsa yang didukung oleh teknologi oto­
motif Jepang.

Produksi Ayla turut mening­ katkan pertumbuhan ekono­ mi Indonesia. Menciptakan lapangan kerja baru dan me­ nyerap banyak tenaga kerja seperti 137.031 orang tenaga kerja pada First Tier Supplier dan 352.500 pada Second Tier Supplier sehingga total menye­ rap sebanyak 489.531 orang tenaga kerja baru.

Astra Daihatsu Ayla  sendiri
mulai diproduksi pada tahun 2013, dan diciptakan sesuai untuk kondisi jalanan di Indo­ nesia .Saat ini Ayla telah meng­ gunakan 86% komponen lokal yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Kom­ ponen lokal tersebut terdapat pada bagian body dan chasis, bagian mesin, bagian transmisi dan system penggerak , bagian system pengereman,serta kom­ponen penunjang Iainya.

Sejak peluncuran perdana
September 2013lalu, Ayla telah mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari angka penju alan yang meraih pangsa pasar rata-rata 30% semenjak peluncuran­ nya. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, kendaraan sejenis produksi PT ADM inijuga telah diekspor ke manca negara.

Astra Daihatsu Ayla mampu melebihi standard konsumsi bahan bakar yang ditetapkan pemerintah yaitu sebesar 20 kmjliter sehingga menjadikan­ nya mobil yang ramah ling­ kungan . Dengan harga ter­ jangkau kemudahan memiliki sebuah kendaraan yang handal dapat terwujud.


Astra Daihatsu Ayla memiliki kabin yang lega yang dapat me­muat 5 anggota keluarga dengan nyaman beserta barang bawaan didukung oleh ground clearance yang tinggi, sehingga memudah­kan konsumen untuk melalui berbagai kondisi jalan.

Sejalan dengan  semangat
'Innovation for Tomorrow', Daihatsu pada bulan Oktober 2014 ini akan meluncurkan Ayla Improvement sebagai jawaban atas keinginan pasar yang disampaikan melalui sejumlah survey.

"Dengan semua ubahan dan tambahan sejumlah fasilitas pada Ayla, Daihatsu berharap pelanggan dan pengendara Ayla akan semakin nyaman dan tampil modis bersama keluarga karena semakin banyak fasili­ tasnya dan tersedia banyak pilihan sesuai preferensi pe­ langgan," ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM.


Daihatsu Ayla akan hadir
dengan sejumlah improvement baik pada  eksterior maupun interior untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan khususnya dalam hal kenya­ manan berkendara.

Pada eksterior Ayla type-X kini
tampil dengan Front Color Bum­ per yang senada dengan warna body kendaraan, sebagaimana yang telah ada pada Type lain­ nya (D, D+, M), sehingga Ayla tampillebih stylish.

Selainitu untuk meningkatkan kenyamanan berkendara pada Ayla Type-X kini telah dilengka­pi dengan Rear Wiper sehingga membantu pandangan pengen­ dara ke belakang khususnya selama kondisi hujan.


Khusus bagi keluarga muda
yang ingin tampil beda, kini tersedia Ayla dengan pilihan warna merah (red solid) untuk Ayla Type M dan X sehingga pengendara mampu tampil lebih 'eye-catching'. Juga pilihan warna classic silver metallic kini tersedia pada Ayla type D dan D+ melengkapi pilihan warna yang sama yang sudah ada sebe­ lumnya pada type M dan X.

Sementara untuk interior, Ayla pun tampil dengan sejumlah ubahan atau tambahan. Untuk meningkatkan kualitas suara pada kursi belakang, kini ter­ dapat tambahan rear speaker pada Ayla Type M dan X.


Sementara itu untuk mem­ berikan pengalaman berken­ dara sesuaimetode Eco Driving, selain pada Type X yang sudah ada sebelumnya kini juga terda­ pat fasilitas Meter Cluster pada Ayla Type M, lengkap dengan tachometer, ECO indicator dan Muti Information Display. Se­hingga kini pengguna Ayla Type M dan X sudah dapat melihat langsung indicator Eco Driving pada kendaraannya.


Semua ubahan ini dilakukan untuk semakin meningkatkan kenyamanan pelanggan da­ lam berkendara dengan Ayla. Tidak hanya itu, untuk me­ningkatkan penampilan dan kenyamanan Ayla Type D+ kini telah tersedia fasilitas power window dan molded door trim baik pad a pintu depan mau­ pun belakang, sebagaimana yang sudah ada pada Ayla Type M dan X sebelumnya.

Bukan hanya pada exterior dan interior saja, ternyata ke­ nyamanan pengendara semakin meningkat dengan adanya air intake resonator pada semua Type (D, D+, M, X) sehingga mengurangi kebisingan suara mesin bagi pengendara.

"Sebagai pelopor kendaraan
kompak yang irit bahan bakar sehingga ramah lingkungan, Daihatsu akan terns melaku­ kan inovasi dan mendengar­ kan suara pelanggan sehingga Daihatsu semakin lekat di hati masyarakat sesuai spirit tagline 'Daihatsu Sahabatku'," tutur Amelia. (]I-10)

sumber : Harian Umum Lampung Post. Edisi 30 Oktober 2014